Tips Cara mendesain Rumah Minimalis Dengan Lahan Miring.

Mungkin ada yang mempunyai lahan pekarangan yang tidak rata alias miring, dan hal seperti itu akan menjadi sebuah yang tidak membahagiakan, karna bingun harus dibuat seperti apa agar kelihatan bagus dan nyaman.

Anda tidak usah kahwatir soal itu, karna sekarang saya ingin membagikan informasi melalui tulisan ini, informasi tentang mendesain rumah minimalis dengan lahan miring, jadi anda tidak boleh terbengkalai begitu saja.


Berikut penjelasan tentang cara medesain rumah minimalis dengan lahan miring.

 Tanah pekarangan atau lahan tersebut jika didesain dengan baik bisa menjadi rumah hunian yang sangat artistik, dan Sangat banyak yang bisa menjadi sumber referensi dalam mendesain rumah minimalis.

Seperti tanah dengan kemiringan kurang dari 35 derajat biasanya cukup merepotkan jika harus mendirikan bangunan di atasnya, akan tetapi jika didesain dengan keinginan yang baik tanah yang miring  tersebut, akan tetap bisa didirikan rumah yang menarik dan indah dilihat.

Jika mempunyai dana yang lebih, perencanaan sebaiknya dikonsultasikan dengan kontraktor sehingga kelak biaya akan lebih efisien.

Contoh Desain Rumah Minimalis  Di Lahan Miring




Rumah tampak seperti tiga tingkat

Contoh desain rumah minimalis ini didirikan di atas lahan yang miring ke samping, dan pemilik tidak meratakan tanah secara keseluruhan,
mendesain bangunannya yang mengikuti kemiringan lahan.

 Pemilik hanya meratakan tanah yang digunakan sebagai garasi mobil saja agar nyaman ketika menggunakan mobil, dan bangunan utamanya menjadi terlihat tinggi seolah-olah berlantai dua.

Nah jika dilihat dari depan,  rumah minimalis di lahan miring ini terlihat seperti rumah dengan tiga tingkatan, Padahal rumah ini hanya memiliki satu lantai saja.

Pada bagian depan diberi pagar atau tembok sehingga menyamarkan kemiringan tanah tersebut dan
rumah menjadi semacam rumah panggung

Contoh mendesain rumah minimalis ini tidak meratakan tanah tersebut melainkan membuat semacam rumah panggung, yaitu rumah yang berada beberapa centimeter di atas tanah.

Walaupun rumah panggung, nuansa konsep minimalisnya tetap jelas terlihat dari atap datar dan pola kotak-kotak yang digunakan secara dominan, pintu utama rumah berada di atas, tangga dengan desain minimalis digunakan sebagai jalan utama menuju pintu tersebut.

 Bagian kolong rumah dimanfaatkan sebagai tempat mobil atau carport.
Jadi mendesain rumah minimalis di lahan miring sebenarnya bisa disiasati bila kita mempunyai wawasan desain yang cukup.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat rumah di lahan yang tidak rata, di antaranya:

Seperti  menghindari dalam membangun rumah di atas tanah yang bagian belakang lebih rendah dari pada tanah bagian depan, karna hal tersebut menyebabkan rumah terlihat tidak terkesan bagus bila dilihat dari depan.

Usahakan tanah bagian depannya yang lebih rendah dari bagian belakangnya,
Jika desain rumah memungkinkan untuk membuat basement, usahakan jangan membuat kamar tidur di basement tersebut.

Letak kamar tidur yang lebih rendah dari pada jalan sangat tidak dianjurkan karena kurang baik bagi kesehatan, Kamar tidur yang terletak di basement tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik, dan kolong rumah bisa dimanfaatkan untuk carport

Posisi lahan yang miring sebenarnya memberi kesempatan yang luas kepada kita untuk mendesain bangunan yang unik dan menarik, tetapi perlu diingat bahwa membangun rumah di lahan miring memerlukan biaya yang relatif lebih besar, selain itu juga perlu memerhatikan kontur tanah agar di kemudian hari tidak longsor.

Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin membagun rumah dengan lahan miring.

Terima Kasih


Comments

Popular posts from this blog

Contoh 5 Rumah Mewah Minimalis Terbuat Dari Bahan Kayu.

Tips Tiga Cara Membuat Teras Minimalis Yang Nyaman

Tips Memilih Tangga Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis Berlantai 2